Selasa, 17 November 2009

Humor Sufi_Memberi dan Menerima

Memberi dan Menerima

Salah seorang teman Nasruddin suka sekali mengumpulkan uang banyak-banyak. Karena itu, ia cepat sekali menjadi kaya dan sangat kikir.

Suatu hari si kikir berjalan-jalan dengan teman-temannya, termasuk Nasruddin. Ketika melewati tepi sungai, si kikir tergelincir dan jatuh ke sungai. Teman-temannya lari untuk menolongnya. Seorang di antara mereka membungkuk sambil mengulurkan tangan, "Ayo, berikan tanganmu. Nanti akan kutarik ke atas," kata teman itu.

Tapi si kikir diam saja, tak mau mengulurkan tangannya. Seorang teman lain datang dan mengatakan serupa. Tapi si kikir tetap saja tak mau memberikan tangannya untuk diangkat ke atas. Nasruddin datang, lalu membungkuk ke tepi sungai.

"Terimalah tanganku ini kawan, dan aku akan mengangkatmu ke atas sungai," kata Nasruddin. Kali ini si kikir baru bergerak dan mengulurkan tangannya. Setelah itu ia diangkat ke atas.
"Ah, kau seperti tak mengerti saja sifat teman kita ini," kata Nasruddin kepada kawan-kawannya. "Jika kalian berkata 'berikan!' kepadanya, pasti ia akan diam saja. Coba kalian bilang, 'Terimalah wahai kawanku,' pasti ia akan menerimanya."

Tidak ada komentar:

Shikamaru

Shikamaru
Shikamaru